Skip to content
Home ยป Apakah MBTI Akurat ?

Apakah MBTI Akurat ?

Apakah MBTI Akurat

Apakah MBTI Akurat ? – Siapa ni yang punya temen sipaling INFP, INFJ, blablabla atau jangan-jangan kita sendiri ? Nah disini akan dibahas mengenai MBTI apakah akurat untuk digunakan sebagai patokan karakter seseorang. >> Apa Saja Kepribadian di MBTI ? << Yuk simak penjelasannya

MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) adalah salah satu tes kepribadian yang populer dan telah digunakan secara luas selama beberapa dekade. Meskipun MBTI memiliki banyak penggemar dan pengguna yang setia, akurasi tes ini masih menjadi perdebatan. Dari penelitian yang telah dilakukan pada tahun 1991, komite nasional Academy of Sciences dari penelitian MBTI dan mencatat jika kurangnya nilai yang terbukti dari tes ini. Hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang mampu menegaskan jika MBTI terbukti akurat untuk menebak personalitas masing-masing orang

 

Apakah MBTI Akurat ?

Apakah Tes MBTI Valid

Apakah Tes MBTI Valid

 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa MBTI memiliki beberapa kelemahan dan kritik. Sebagai contoh, kritik terhadap MBTI mencakup:

  1. Validitas : Beberapa kritikus berpendapat bahwa tes ini tidak mengukur apa yang seharusnya diukur, dan bahwa hasilnya tidak selalu dapat diandalkan atau akurat.
  2. Reduksionisme : Beberapa kritikus berpendapat bahwa tes ini terlalu menyederhanakan kompleksitas kepribadian manusia dan bahwa tidak ada tes satu ukuran untuk semua.
  3. Kesesuaian sosial : Tes ini bisa menjadi sangat populer karena banyak orang merasa terhubung dengan label tertentu. Namun, kritikus berpendapat bahwa kesesuaian sosial ini tidak harus berarti akurasi.
  4. Faktor situasional : Kepribadian seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk situasi yang berbeda-beda. MBTI mungkin tidak dapat memperhitungkan faktor situasional dengan tepat.

Meskipun ada kritik terhadap MBTI, ada juga beberapa orang yang merasa bahwa tes ini sangat berguna dalam membantu mereka memahami diri sendiri dan orang lain. Namun, penting untuk mengingat bahwa hasil MBTI tidak harus dianggap sebagai panduan kepribadian yang mutlak dan harus digunakan dengan hati-hati dan seimbang dengan faktor-faktor lain dalam memahami kepribadian seseorang.

Kesimpulan

MBTI akhir ini sering muncul di media sosial dan sering digunakan sebagai patokan karakter seseorang. Terkadang beberapa orang yang menjawab pertanyaan waktu tes tidak sesuai dengan kenyataan, dalam artian kita memilih jawaban yang kita inginkan buka berdasarkan kenyataan. Memang beberapa tesnya valid akan tetapi tidak dapat digunakan secara permanen karena setiap orang pasti memiliki sifat dan karakter yang berubah dari waktu ke waktu.

Michael Ashton, profesor psikologi di Brock University at Ontario, berkata bahwa banyak psikolog kepribadian yang menganggap MBTI sebagai pengukur yang sahih untuk beberapa karakteristik kepribadian, namun tes ini memiliki keterbatasan-keterbatasan yang sangat penting.

Akan tetapi tetap kembali kepada diri kita masing-masing mengenai hal ini. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Sampai Jumpa di Artikel Selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *